114202094523
Jamur Liar. Foto - Ist.

Warga di Bolo Keracunan Jamur, Puskesmas Bolo Imbau Hati-Hati

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- Belakangan ini banyak warga di Kecamatan Bolo mengalami keracukan akibat mengonsumsi jamur liar. Saat ini, sudah 4 orang yang dirawat inap Puskesmas Bolo Kabupaten Bima NTB dan 7 orang lainya diberi obat penawar.

Programer Surveilans PKM Bolo Salmah mengatakan, beberapa hari yang lalu ada 4 orang warga kecamatan setempat yang dirawat inap di puskesmas setempat akibat mengonsumsi jamur. Karena itu, Ia mengimbau kepada seluruh warga Kecamatan Bolo agar berhati-hati dan tidak sembarang mengonsumsi jamur liar.”Bila perlu tidak usah konsumsi jamur sembarangan,”jelasnya.

Sampai saat ini, Kata salmah, warga yang keracunan jamur yaitu 8 orang warga Desa Rasabou, dan 3 orang warga Desa Tambe.”Warga Rasabou 3 orang dirawat inap kalau warga Tambe 1 orang,”ungkapnya.

Menurutnya, warga yang keracuna itu, mengambil jamur di persawahan. Jamur tersebut direbus dengan mie instan dan ada juga dengan yang cara lain.”Musim hujan seperti ini memang banyak jamur yang tumbuh, jadi perlu hati hati sembarang ambil untuk dimakan,” tegasnya.

Dengan kejadian itu, Ia berharap semoga tidak ada lagi warga desa setempat yang mengalami keracunan akibat mengonsumsi jamur. (Lb – Dhaus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *