98201903951
Anak Anak Pengungsi Wamena disambut Bupati Bima. Foto: Ist

Warga Bima Pengungsi Wamena Tiba di Bima, Tiga Orang Diantaranya Warga Dompu

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- Hari kedua penerimaan kepulangan warga Bima pengungsi Wamena Tiba di Bima dengan selamat menggunakan pesawat komersil Wings Air. Senin ( 07/10/19), pukul 14 .30 wita.

Dari 28 orang warga Bima pengungsi wamena, juga 3 orang warga masyarakat Dompu yakni Saudara Sukrin, Saudara Irwan dan Saudara Kasmir. Para pengungsi wamena tersebut langsung di terima oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Drs. Andi Sirajuddin, AP. MM bersama jajaranya dan dibantu oleh Tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Bima, serta dari Lembaga Aksi Cepat Tanggap ( ACT) di Ruang Tunggu Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Sebelumnya pada Minggu (06/10/19) rombongan juga telah diterima oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE sebanyak 50 orang di bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Pada kesempatan tersebut warga Bima pengungsi wamena terlebih dahulu melakukan pemeriksaan cek kesehatan di Bandara SMS.

“Warga yang tiba di bandara dari wamena langsung dilakukan cek kesehatan oleh para tenaga medis yang telah disediakan oleh pemerintah daerah.”Ungkap Andi Sirajuddin.

Lanjutnya, proses pemulangan para pengungsi ini terbilang lancar, perhatian yang begitu besar dari pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE terhadap warga masyarakat Bima yang ada di wamena. Dalam rangka menyelamatkan warga Bima tersebut Bupati memeriantahkan kepada kepala Dinas Sosial dan Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial untuk melakukan pendataan warga Bima dengan melakukan kunjungan ke pengungsian yang ada di Wamena untuk mengetahui kondisi warga Bima pada pengungsi wamena.

“Mulai kemarin sampai dengan hari ini ( senin_ red) warga Bima Pengungsi wamena dapat dipulangkan secara bertahap.”katanya.

Kata Andy, terkait Jaminan Hidup Warga Bima pengungsi Wamena, pemerintah daerah akan melakukan pertemuan dan koordinasi dengan Kementerian Sosial RI sehingga dari pertemuan ini nantinya diharapkan dapat memberikan bantuan berupa Jaminan Hidup, sehingga dari Jaminan Hidup yang diberikan warga Bima pengungsi wamena bisa melakukan kehidupan yang tenang dan terhidar dari kerusuhan.

“Masyarakat Bima pengungsi wamena ini hampir 80 % pekerjaannya berdagang dan ASN di wilayah itu. Dari kejadian ini semua harta benda tidak dapat diselamatkan.”ungkapnya.

Kadis Sosial berharap semoga dengan kepulangan warga Bima Pengungsi Wamena ini bisa hidup dengan tenang dan tidak lagi mengalami kejadian yang terjadi di wamena papua.

Sementara itu salah satu pengungsi wamena Abdul Kadir, mengatakan bahwa, dirinya merasa lega setelah pesawat yang ditumpanginya mendarat di bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima karena bisa menghirup kembali udara yang ada di tanah kelahiran masing masing di bima.

“Kami merasa lega sudah bisa kembali ke kampung halaman. Dan pada kesempatan ini saya yang mewakili para pengungsi ini memberikan apresiasi kepada Bupati Bima yang telah membantu kepulangan Kami hingga kekampung halaman. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih.”ujarnya. (Lb- Dh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *