7520192226
I L U S T R A S I. Foto: Google.

Uang Daftar 500 Ribu, Panitia Penyaringan Pengisian BPD Bre Dipertanyakan Dasar Hukumnya

Kabupaten Bima. LENSABIMA.COM.– Penjaringan pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tahun 2019 di Desa Bre Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima menuai protes para bakal calon bahkan terancam gagal untuk dilakukan pemilihan.

Pasalnya, panitia penjaringan membebankan biaya pendaftaran kepada masing-masing calon sebesar 500 ribu rupiah, angka terssbut dinilai sangat memberatkan para bakal calon. “Uang sebesar Itu berlaku untuk semua bakal calon, bukan hanya saya saja,” ungkap Abubakar M. Sidik, MM salah satu bakal calon BPD, lewat Telepon Senin, (05/08/19) pagi.

Sikap kerakusan yang dilakukan oleh panitia penyaringan pengisiaan BPD desa Bre tersebut bukan hanya Abubakar saja yang keberatan. Namum semua bakal calonpun melakukan hal yang sama, “Kami kaget, ketika panitia langsung mengumumkan keputusan nya itu dalam acara ‘Mbolo Rasa’ (acara Desa),”  Beber Abubakar yang berprofesi sebagi salah satu dosen di kota Bima ini.

Lanjutnya, sebenarnya panitia pelaksana seharusnya dilakukan musyawarah dulu dengan para bakal calon untuk mengambil suatu keputusan. “Pada saat umumkan, panitia dengan tegas mengatakan, keputusan mengenai uang pendaftaran 500 itu tidak bisa diganggu gugat, itu hak fektonya panitia,” ujarnya

Pihaknya merasa kecewa dengan keputusan panitia, dengan secepatnya semua bakal calon akan bertemu dengan panitia untuk menanyakan dasar hukum yang dikeluarkan oleh panitia, “Saya bisa saja laporkan panitia ke kepolisian ketika panitia, karena tidak musyawarahkan dulu dengan kita selaku bakal calon,” bebernya.

Sambungnya, sementara keputusan yang dimbil oleh panitia tersebut tidak mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup), sementara didalam aturan tersebut tidak ada pungut biaya untuk pendaftaran penjaringan calon anggota BPD, “Kok berani panitia di Bre main pungut, apa dasar hukumnya, sementara didalam aturan itu tidak ada biaya yang dibebankan pada bakal calon” tuturya.

Sementara itu ketua panitia pelaksanaan penjaringan BPD desa Bre belum dapat dihubungi, hingga berita ini ditulis ketua panitia masih dalam upaya konfirmasi. (Lb. Ipl).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *