620201924233

Tingkatkan Pelayanan, DUPCAPIL Dompu Gunakan Sistim Digital

Kabupaten Dompu. LENSABIMA.COM.- Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Dompu dengan sistem Digital. Sistem digital selain cepat juga tidak diragukan keamanannya.

Kepala Dukcapil Dra. Ratnasari mengatakan, di era digital sekarang masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat termasuk layanan data Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Pelayanan yang serba cepat dan tidak bertele-tele, itulah keinginan kami. Saya selalu menghimbau kepada jajaran agar mampu memberikan kebahagiaan kepada masyarakat,” kata Ratnasari, saat dikonfirmasi Media Lensa Bima, Jum’at (19/7/2019) sekitar pukul 10.00 Wita.

Selain cepat lanjut Ratnasari, data pribadi masyarakat juga harus terlindungi keamanannya sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab, data kependudukan membutuhkan otentisitas dokumen yang tinggi. Itu sebabnya membutuhkan faktor keamanan digital yang tinggi pula.

“Pelayanan yang cepat dan aman juga menjadi faktor kunci yang membawa perubahan paradigma pelayanan publik bidang Adminduk sehingga masyarakat dapat dilayani petugas Dinas Dukcapil dari mana saja,” ucapnya.

Penerapan tanda tangan elektronik terenkripsi untuk pengurusan seluruh data kependudukan. Dengan tandatangan elektronik ini tidak adalagi hambatan lokasi pelayanan Adminduk, sehingga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

“Every time, every where is our office. Sambil rapat jajaran Dukcapil bisa menandatangani dokumen kependudukan. Tentunya masyarakat senang saat membuat KTP elektronik, akte kelahiran selesai dalam hitungan hari,” tuturnya sembari tersenyum.

Untuk menjaga keotentikan naskah dokumen, agar tetap utuh, ada dua hal yang harus dijaga yakni soal pengamanan jaringan serta pengamanan terhadap konten. Guna menjamin keutuhan data kependudukan yang dimiliki Dinas Dukcapil tidak eror.

“Pilot project yang dilakukan adalah penggunaan tanda tangan elektronik pada pembuatan akta kelahiran, akta kematian, surat pindah dan KK dapat dilakukan dimana saja,” tutupnya. (Lb. Bang Can). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *