111202018171
Suasana Pelatihan. Foto - Fen.

Sebanyak 231 Kader Posyandu Ikuti Latihan Refreshing

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM – Sebanyak 231kader posyandu dari 6 Kelurahan dan dua Desa di Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat NTB mengikuti kegiatan pelatihan refreshing kader. Selasa (11/02/20) di ruang Rapat Gedung PKK Dompu, pukul 09.00 Wita.

Kegiatan tersebut diadakan oleh kepala puskesmas kota Dompu dan di ikuti oleh tim pekaksana program posyandu seperti, tim pelaksana upaya gizi, pelaksana upaya kesehatan lingkunggan, promosi kesehatan.Lansia dan program penyakit menular.

Dewi Laila Mahligai SST. M.Kes. dalam sambutanya memgatakan, bahwa pelatihan yang diselenggarakan bertujuan untuk melatih kader-kader posyandu tentang pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk kegiatan posyandu bulanan. Adapun materi yang disampaikan ke kader posyandu yaitu, untuk meresref kembali pengetahuan kader kader posnyandu yang ada, agar mereka memiliki bekal untuk pengembangan kegiatan serta program posyandu yang ada.

” Ya kegiatan ini dilakukan agar kader kader posyandu di bekali dengan ilmu – ilmu kesehatan dalam penanganan beberapa keluhan masyarakat yang ada, seperti ilmu fisik. Stanting. STPM. Lansia dan penyakit menular lain nya, selian itu juga agar semua kader posyandu yang ada bisa lebih berkembang maju dari sebelumnya.” Terang Dewi.

Katanya, adapun materi yang disapaikan yakni pemantauan pertumbuhan, cara menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, cara mengisi grafik pertumbuhan dan materi imunisasi dan teberkulosis (TB). Menurutnya, Pelatihan kader sangat penting, sebagai upaya meningkatan kualitas kesehatan di kalangan masyarakat. Maka dengan demikian, setiap kader harus memahami program-program puskesmas, agar bisa tersalurkan ke masyarakat.

“Kader posyandu itu seperti pahlawan tanpa tanda jasa, dimana para kader memiliki peranan penting dalam kesehatan masyarakat. Apalagi kader merupakan pintu pertama dalam penyediaan jasa kesehatan di posyandu, sehingga perlu mendapatkan pelatihan,” ungkapnya.

Selian itu, Ia mengaku siap membantu dan melaksanakan semua kegiatan yang behubungan dengan aktivitas kesehatan masyarakat.

Salah satu kader posyandu, Wahyudin RT 10 Kelurahan kandai satu mengaku merasa bersyukur bisa mendapatkan pelatihan yang bermanfaat, selain mendapatkan ilmu baru, pelatihan ini merupakan sarana komunikasi antara masyarakat dan dinas kesehatan.”Tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi bisa menjalin silaturahmi yang baik antar pihak,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program puskesmas kota Dompu dimana puskesmas ingin melatih kader baru sekaligus penyegaran materi bagi kader lama.”Kami harap dengan adanya pelatihan ini, penyelenggaraan kesehatan posyandu semakin meningkat,” Tutupnya Wahyudin. (Lb – Fen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *