IMG_20210402_155619-750x450
Kepala Sekolah Bersama Guru di SDN 2 Dompu. Foto - Ist.

Satu Kali Tiap Bulan, SDN 2 Dompu Wajib Pakai Tenun Nggoli

KABUPATEN DOMPU – Satu kali sebulan bagi Keluarga besar SDN 2 Dompu wajib memakai sarung Nggoli sebagai pakaian kerja. Kesepakatan ini dari hasil rapat dewan guru yang digelar awal bulan Januari 2021 lalu.

Kepala SDN 2 Dompu Rudi Hartono, S.Pdi yang dikonfirmasi mengatakan, mengenang sekaligus menghidupkan budaya adat Bumi Nggahi Rawi Pahu daerah Kabupaten Dompu, bagi sekolah ini diawal bulan wajib memakainya.

“Sarung khas daerah Dompu Bima ini udah jarang terlihat, oleh karena itu mari kita hidup kan kembali budaya yang hampir punah ini,” kata Rudi Hartono, Kamis (1/4/2021) sekira pukul 10.00 Wita saat ditemui diruang kerjanya.

Kata pria murah senyum ini, memakai pakaian adat bukan saja berlaku pada guru namun juga berlaku kepada seluruh peserta didik.

“Pakaian sarung Nggoli sudah kami terapkan. Bahkan para siswa dan siswi pun akan kami terapkan agar seragam antara guru dan peserta didik,” ucapnya.

Menurutnya, tembe nggoli terlihat saat hari-hari besar seperti perayaan hari jadi dompu atau pawai budaya. Akan tetapi sebagai bentuk dari kecintaan terhadap budaya adat dompu sekolah ini diawal bulan wajib memakai.

“Semoga saja Pemerintah Daerah menerapkan pakaian adat ini sebagai pakaian wajib untuk seluruh SD maupun SMP di Kabupaten ini lebih lebih di Instansi pemerintah,” inginnya.

Mulai terlaksananya pakaian sarung Nggoli di sekolah yang ia pimpin, Rudi Hartono menyampaikan apresiasi terhadap seluruh dewan guru atas kebersamaan terutama kekompakan dalam membangun SDN 2 Dompu yang lebih baik lagi.

“Luar biasa kompak dan kebersamaan yang dibangun oleh seluruh dewan guru, saya sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga SDN 2 Dompu kedepannya makin maju dan lebih baik lagi,” pungkasnya. (Bang Chan).¬†

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *