717201918747
Ibu Ibu Sedang Siap Siap Sebelum Lomba Kareku Kandei (Memukul Lesung). Foto: Ban Can.

Perayaan HUT RI Ke 74 Di Dompu, Dihiasi Dengan Lomba Kareku Kandei (Memukul Lesung)

Kabupaten Dompu. LENSABIMA.COM.- Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 74 yang jatuh pada hari Sabtu (17/8/2019), berbagai aneka ragam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat mulai dari kegiatan lomba makan kerupuk, panjak pinang, tarik tambang dan paling unik yaitu lomba tercepat makan Bakso.

Lomba makan Bakso tercepat yang digelar halaman kantor Pemerintah Daerah ini diikuti pegawai ruang lingkup Setda Dompu. Terlihat, bagi peserta tercepat menghabiskan semangkuk Bakso dihadiahi 50 ribu oleh panitianya.” Bercerai kita runtuh dan bersatu kita kuat, inilah bentuk kebersamaan kami yang bekerja di Pemerintah. Terimakasih buat para pejuang yang telah memerdekakan Indonesia,” kata Yogi saat diwawancarai Media Lensa Bima.

Ditempat yang berbeda, Kejora Paramiha, warga Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB mengatakan, merayakan HUT RI ke 74 ia bersama kawan kawannya mengadakan lomba memukul Lesung (Kareku Kandei) yang di ikuti puluhan ibu-ibu.” Kareku Kandei adalah tradisi Dompu/Bima yang hampir punah. Kami menggelar kegiatan ini agar generasi sekarang tidak alergi dengan tradisi tempo dulu,” kata Kejora.

Selain kareku Kandei, ia juga mengadakan lomba makan kerupuk bagi anak anak, bagi peserta akan berlomba memakan kerupuk dengan tangannya berada dibelakang.”Yang intinya seru deh,” tutupnya. (Lb – Bang Can).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *