20210110_233715
Usai Penyerahan SK. Foto - Ist

Penyerahan SK Pada 11 Orang Dewan Pendidikan, Kadis Dikpora Berharap Kerjasama Yang Baik

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM – Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin bahwa Kepengurusan Dewan Pendidikan Kabupaten Dompu Periode 2021-2025 akan menerima sejumlah SK Honda yang diserahkan langsung oleh kapala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) terhadap Ketua Dewan Pendidikan kabupaten Dompu NTB.

Sejumlah SK tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Dikpora, M. Amin, S.Sos, dan diterima Ketua Dewan Pendidikan Dra. Hj. Nafisah H. Abdurrahman Mahmud, di ruang kerja Kadis Dikpora Dompu, Kamis (07/01/21) pagi kemarin.

“Penyerahan SK tersebut, dilakukan lansung oleh Plt. Kadis Dikpora M. Amin, pada kesempatan itu pula pihaknya mengingatkan, agar Dewan Pendidikan tidak sekadar menjadi mitra pemerintah daerah, khususnya Dinas Dikpora, namun disetiap persoalan pendidikan juga diharapkan kerjasama yang baik agar sama-sama mendorong peningkatan serta kemajuan pendidikan baik ditingkat para pelajar maupun guru yang ada,” terang Zainal Afrodi S.pd MM, mengutip pernyataan Kepala Dinas Dikpora Dompu, saat dikonfirmasih oleh media ini melalui Watsap sabtu (09/01/2021) pukul 16.23 Wita.

Lanjut Kabit, jangan hanya mengamini apapun yang dilakukan dan kebijakan Dikpora, tampa ada tindakan maupun respon, hal itu tentu akan berdampak pada persoalan yang diinginkan bersama, didalam dunia pendidikan ini.

“Demi kemajuan kapasitas dan mutu pendidikan tentu dibutuhkan kerja sama yang sangat baik semua elemen, salah satunya Dewan Pendidikan, kalau hanya menjadi mitra, nanti hanya mengiya-iyakan saja apapun yang dilakukan dan kebijakan Dikpora, tampa ada tindakan serta respon yang baik ditingkat Dewan pendidikan, tentu akan berdampak buruk juga,”beber Kabit Dikdas.

Sementara Tambahnya Zainal Afrodi, Dewan Pendidikan Dompu itu berjumlah 11 orang mewakili dari beberapa unsur. Mulai dari Akademisi, Pengusaha, Yayasan Pendidikan, NGO (LSM) maupun Dinas Dikpora itu sendiri.

“Dra. Hj. Nafisah H. Abdurrahman Mahmud yang didaulat sebagai ketua, merupakan pengurus Dewan Pendidikan periode sebelumnya. Dia adalah pensiunan ASN, mantan Ketua Tim Asesor dan mantan Kabid Dikmen Dinas Dikpora Dompu.”tuturnya.

Sedangkan Sekretaris Dewan Pendidikan tambahnya, dipercayakan kepada Zainal Afrodi, S.Pd, MM. yang biasa dipangil dengan Dae Ferry, yang sekarang menjabat Kabid Dikdas Dinas Dikpora Dompu.

“Posisi Sekretaris Dewan Pendidikan sebenarnya diisi Sekretaris Dinas Dikpora Lukman, S.Pd. Namun, karena Lukman akan pensiun pada Juli 2021 ini, sementara posisi itu harus diambil oleh dinas, maka Plt Kadis Dikpora M. Amin, S.Sos, menyerahkan kepada Zainal Afrodi,”ungkapnya.

Lebih dari itu, pihaknya berharap, dewan pendidikan harus menjadi pengontrol kebijakan dinas terkait pendidikan ini. Jika ada persoalan, tentu pihak dinas, ia berharap adanya masukan, saran dan pendapat. Juga, mengkritisi kebijakan yang dinilai menghambat kemajuan pendidikan.

“Setelah mengantongi SK ini, kami segera melakukan rapat koordinasi internal, dan langsung melakukan Rakor di tingkat Dinas Dikpora, selain itu juga. Dalam waktu dekat ini, Dewan Pendidikan akan melakukan Rakor untuk mendesain program dan langkah-langkah strategis yang akan diambil. Paling tidak untuk jangka pendek, kebutuhan tahun 2021 ini, salah satunya yang akan dibahas mengenai monitoring pelaksanaan KBM di masa pandemi,” papar Dae Ferry. (Fhen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *