7252019123246
Kabid Pemdes DPMDes Kabupaten Bima Faisal. Foto: Ist.

Pemilihan Pengisian Anggota BPD Sesuai Alamat KTP

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di sejumlah desa di Kabupaten menuai persoalan. Salah satunya tentang pandangan siapa yang memiliki hak pilih dan dimana tempat memilih.

Kabid Pemdes DPMDes Kabupaten Bima Faisal menanggapi dan mengatakan, bahwa mengenai siapa yang memiliki hak pilih untuk memilih BPD yaitu warga di wilayah setempat yang dibuktikan dengan KTP beralamat di wilayah setempat, bukan dimana warga itu tinggal. Misalnya, warga yang tinggal di wilayah setempat tidak masuk dalam DPT dan tidak memiliki KTP yang beralamat di wilayat setempat maka warga tersebut tidak memiliki hak suara.

“Yang berhak memiliki itu sesuai dengan alamat KTP, bukan dimana tempat tinggalnya yang sekarang,”ungkapnya pada media ini, Minggu (25/08/19)..

Kata Faisal, untuk pemilihan BPD perwakilan perempuan dipilih oleh semua perempuan yang memiliki hak suara di desa setempat. Sementara yang memilih BPD perwakilan wilayah dipilih oleh laki-laki dan perempuan yang memiliki hak suara di wilayah setempat.” Yang intinya, yang memiliki hak suara itu, warga setempat dibuktikan dengan KTPnya,”jelasnya.

Ia menegaskan, yang menentukan warga tersebut memiliki hak pilih bukan soal tempat tinggalnya, tapi seuai dengan alamat KTPnya yang ada.”Bukan soal tinggalnya di mana, tapi syarat administrasi seperti KTP dia beralamat di mana,” katanya.

Dibeberkanya, salah satu contoh, jika si Mahmud ber KTP di dusun 1, maka dia memiliki hak pilih di dusun 1. Jika si Fatimah ber KTP dusun 1 dan tinggal bersama suami nya di dusun 2, maka si Fatimah memiliki hak pilih di dusun 1.”Jadi intinya warga memiliki hak pilih sesuai itu sesuai dengan alamat KTPnya,” tegasnya Faisal. (Lb – Man).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *