611201915138
Rapat di Aula Kantor Desa Leu. Foto: Ist.

Pemdes Leu Gelar Rapat Pembentukan Panitia Pemilihan BPD

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- Pemerintah Desa (Pemdes) Leu Kecamatan Bolo menggelar rapat pembentukan panitia pelaksana pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat periode 2020 – 2026, Kamis (11/07/19), sekitar pukul 10:00 Wit di Aula Kantor sesa setempat.

Pj Kepala Desa Leu Iryanto, SH dalam sambutannya, mengatakan bahwa kaitan dengan pelaksanaan pengisian anggota BPD tahun 2019, sudah diberikan himbauan oleh Bupati Bima saat Hari Ulang Tahun (HUT) Bima bersamaan dengan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk tahun 2019.

“Aturan itu sudah dilauncingkan oleh Bupati Bima pada saat HUT Bima dihalaman kantor Bupati Bima bersamaan dengan Pilkades serentak tahun 2019 ini,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Leu akan berakhir pada 19 November 2019. Dalam hal ini pemerintah desa akan melakukan penjaringan kembali untuk pengisian BPD periode tahun 2020-2026.” Dilihat dari masa jabatan, BPD Leu akan berakhir pada 19 November 2019,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, dalam rangka pembentukan panitia pelaksana tersebut kepanitiaan berjumlah 11 orang, diantaranya 1 orang ketua, 1 orang wakil ketua, 1 satu orang sekertaris dan 8 orang anggota sesuai dengan amanat Peraturan Bupati (Perbub) tahun 2019.

“Untuk Desa Leu, jumlah pengisian anggota BPD untuk periode 2020 – 2026 berjumlah 09 orang, karena jumlah jiwa/pemilih di desa ini sejumlah 3.878 orang,” jelasnya.

Diwaktu yang sama Camat Bolo dalam hal ini diwakili oleh H. Gunawan, S.Sos,. M. Pd memaparkan, dalam pengisian anggota BPD. tugas panitia berdasarkan peraturan bupati, akan diberikan Surat Keputusan (SK) oleh kepala desa setempat.

“Tugas panitia yakni membuat juknis lalu disosialisasikan juknis tersebut di tiap wilayah desa setempat, mengadakan penyaringan baik untuk keterwakilan wilayah ataupun keterwakilan perempuan dan tahap-tahap pengisian BPD sebagai pedoman ada di SK bupati Bima,” tuturnya.

Dirinya berharap, untuk pesta politik BPD dapat berjalan dengan aman dan lancar dan untuk panitia dapat menjalankan amanat dengan sebaik-baik mungkin.” Pengisian BPD ini, dapat berjalan sebaik-baiknya dan tidak akan mengganggu juga proses Pilkades, karena Desa Leu sembari pengisian BPD akan dibarengin dengan Pilkades,” harapnya, saat di wawancarai oleh media Lensabima. (Lb:Man).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *