382019164913
Bupati Bima Lepas Peserta Teka Tambora di Dampinggi Oleh HMS. Foto: Ist.

Para Peserta Teka Tombora Tahun 2019 Dilepas Oleh Bupati Bima di Asi Mbojo

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE melepas peserta teka tambora tahun 2019. Sabtu (06/04/19) di Museum ASI Mbojo Bima.

Pada acara pelepasan tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PAN H. Muhammad Syafruddin, ST, MT, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima beserta Seluruh Jajarannya serta seluruh peserta teka tambora yang berasal dari Komunitas Pencinta Alam, ORARI Bima, serta peserta dari Luar Negeri. Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bima, Pesona Indonesia, Pesona Bima, serta EIGER Tropical Adventure.

Dalam sambutanya, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mengatakan bahwa kegiatan teka tambora dalam rangka peringatan 204 tahun meletusnya Gunung Tambora,” Dari peringatan ini kita memperingatinya dengan cara melaksanakan even teka tambora tahun 2019.” jelasnya.

Nantinya, para peserta teka tambora juga akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dimana mereka (peserta red) akan melalui jalur ┬ápendaki di pintu gerbang Taman Nasional gunung Tambora di Oi Marai, desa Kawinda Toi Kecamatan Tambora,”Para pendaki / peserta ini nantinya akan mencapai puncak gunung tambora.” ujarnya.

38201917248-300x169
Foto Bersama Para Peserta Teka Tambora Bersama Bupati Bima, HMS. Foto: Ist.

Kata Bupati juga menghimbau pada peserta selama melakukan pendakian nantinya agar dapat menjaga kebersihan di sekitar wilayah jalur pendakian gunung tambora dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, hal ini dikarenakan dalam rangka menjaga ekosistem dan kelestarian alam yang ada di sekitar gunung tambora.

Diharapkan juga Kepada para peserta, melalui even ini dapat mempromosikan sektor wisata sehingga dengan promosi maupun eksplore yang dilakukan ini kedepannya masyarakat akan dapat mengetahui keindahan yang dimiliki taman nasional gunung tambora.

“Hal ini dalam rangka mendukung sektor wisata dibutuhkan kerjasama dengan seluruh pihak agar pesona gunung tambora akan dikenal secara luas oleh warga masyarkat baik yang berada di wilayah Kabupaten Bima dan sekitarnya bahkan diluar daerah Kabupaten Bima.” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bima juga mengharapkan dukungan dari anggota DPR RI dari Fraksi PAN Syafruddin, ST, MT agar dapat mendukung kegiatan seperti yang diselenggarakan,”Dengan adanya dukungan dari anggota DPR RI maka kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya untuk mendukung sektor wisata yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Bima.” ujar Bupati.

Bupati Bima juga sampaikan lewat event Teka Tambora diharapkan para peserta dapat mempromosikan potensi sejarah, budaya dan pariwisata di Kabupaten Bima sekaligus dapat memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang ada di lingkar utara Tambora Kabupaten Bima,” harap Hj.Indah Dhamayanti Putri.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Abdul Haris, S.Sos disela kegiatan pelepasan peserta even tambora menyampaikan bahwa direncanakan para pendaki / peserta akan melaksanakan kegiatan nya mulai dari tanggal 7 – 11 April 2019.

“Pada hari minggu tanggal (07/04/19), mereka ini akan melakukan pendakian sampai menuju puncak gunung tambora, selain kegiatan even teka tambora ini Kami dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bima pada tanggal 8 – 11 April 2019 akan melaksanakan kegiatan pentas seni budaya, pemutaran film, doa dana, serta melakukan proses sangrai kopi tambora dan lain sebagainya di lapangan desa Kawinda Toi yang juga akan dirangkaikan dengan puncak peringatan 204 tahun meletusnya gunung tambora.” uraianya.

Tidak hanya itu, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 100 orang yang berasal dari komunitas pencinta Alam yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Bima, bahkan ada peserta dariLuar Negeri yang mengikuti even teka tambora.

“Sebelum dilakukan pendakian malam harinya mereka ini akan menginap di Oi Marai, desa Kawinda Toi Kecamatan Tambora pintu masuk / gerbang menuju puncak gunung tambora.” jelasnya.

Usai acara pelepasang peserta even teka tambora tersebut, para peserta dirangkaikan dengan foto bersama dengan Bupati Bima. (Lb. Dhaus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *