20200801_202956-750x450
Kondisi Lokasi Lingkup Pantai Hodo. Foto - Fhen

Pantai Hodo Terlihat Kumuh dan Dipenuhi Sampah

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM -Pantai Hodo yang memiliki panorawa alam yang indah dan hijau serta Air lautnya yang begitu bersih nanjernih menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung di beberapa wilayah kabupaten Dompu dan daerah lain.

Pantai yang berjarak 78 KM dari Kota Dompu lokasinya di jalan lintas Calabai Desa Soritatanga kecematan Pekat Kabupaten Dompu NTB ini sangat ramai dikunjungi tiap hari Saptu dan Minggu. Namun, tempat wisata tersebut terlihat tidak terawat, kotor, kusam dan dipenuhi sampah mulai dari pintu masuk sampai sepanjang bibir pantai itu sendiri.

20200801_202930
Kondisi Musholah di Patai Hodo. Foto – Fhen

Enal warga Nusajaya, salah satu pedagang salome keliling yang ditemui oleh media ini mengatakan, dirinya berjualan dan mangkal di lokasih pantai Hodo itu sudah hampir Lima tahun, selama ini ia mengaku tempat wisata itu tidak terawat dan teurus.

“Tempat wisata ini sangat kotor dan tidak terawat oleh pihak pemerintah, salah satunya di tempat ini tidak ada Bak Sampah dan papan informasi atau himbauan yang di pasang di beberapa sudut lokasi wisata” Ujar Enal.

Katannya, jangankan tempat sampah, fasilitas umum yang ada seperti masjid dan bebera paruga sudah rusak, retak dan patah.”Sangat disayangkan tempat ini tidak dimanfaatkan drngan baik serta tidak ada yang urus”ujarnya.

20200801_202944
Kondisi Pinggir Pantai Hodo. Foto – Fhen

Ditempat yang sama, salah satu pengunjung wisata pantai Hodo, Ihwan (34) tahun mengatakan, selama ini tempat wisata setempat sangat ramai dikunjungi, namun satu tahun terahir ini sangat sepih.”kemungkinan tempatnya kotor dan tidak terawat dan beberapa fasilitas tidak memadai itu bisa mempengaruhi para pengunjung yang ada,”ujarn Ihwan.

Selian itu, juga disebapkan mungkin adanya Corona (Covid 19) hinga sekarang terlihat sepih, “Saya berharap pemerintah bisa memperhatikan tempat wisata ini, bukan hanya pemerintah Desa namun pemerinta Daerah seperti Dinas pariwisata yang memiliki Gawe, dalam hal ini bisa memperbaiki beberapa fasilitas untuk umum seperti musholah, Paruga dan tempat sampah harus ada di tempat ini, karena itu bisa mempengaruhi para pengunjung yang ada baik di Daerah maupun Luar Daerah,” Tutup Ihwan. (Fhen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *