713201921357
Suasana Pleno KPU Kabupaten Bima. Foto: Dhaus.

KPU Kabupaten Bima Gelar Pleno Penetapan Calon Terpilih DPRD Pemilu Tahun 2019

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menghelar rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih dan perolehan kursi anggota DPRD Kabupaten Bima pada pemilu tahun 2019, Selasa (13/08/19) di Gedung Sinar AS Bolo.

Pleno tersebut dihdiri oeh semua Ketua atau perwakilan partai politik dan peserta pemilu, Bawaslu, TNI, Polri, Camat Bolo, saksi saksi parpol dan pihak-pihak terkait.

Ketua KPU Kabupaten Bima Imran S. Pdi menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Bima melakukan penetapan pada hari terakhir dari jadwal yang telah ditetapkan. Hal itu disebabkan, karena ada gugatan hasil Pemilu Legislatif untuk Dapil Bima 6 yang diajukan oleh Partai Nasdem di Mahkamah Konstitusi (MK). “Kami menunggu dulu keputusan gugatan itu baru melaksanakan pleno” ujarnya.

Baca Juga Disini: Hasil Pemilu Tahun 2019 Ditetapkan Oleh KPU Kabupaten Bima, Inilah Nama Para Parpol Terpilih

Katanya, setelah melalui proses persidangan, gugatan Partai Nasdem diputuskan ditolak seluruhnya oleh MK dan Pembacaan putusan disampaikan MK pada tanggal 2 Agustus 2019 lalu.” KPU memenangkan gugatan itu,” ungkapnya.

Karena itu, sesuai aturan KPU Kabupaten Bima dapat melakukan penetapan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD paling lambat 5 hari pasca putusan di MK.” Atas dasar itu, jadi tidak ada halangan lagi bagi kami untuk melaksanakan penetapan hasil pemilu” jelasnya.

Lanjut Imran, hasil penetapan itu, akan diserahkan juga salinannya kepada semua pihak terkait dan diumumkan secara terbuka agar diketahui oleh masyarakat luas.”Kami sudah serahkan salinan putusan MK” tutupnya. [Lb – Dhaus].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *