20201010_230655-750x450
Ketua KPU Kabupaten Dompu Drs. Arifuddin. Foto - Fhen

KPU Dompu Akan Menindalanjuti Putusan Bawaslu Selama Tiga Hari

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM – Hasil keputusan sidang Adjudikasi yang digelar di kantor Bawaslu Dompu menyatakan bahwa pasangan calon Bupati Dompu Syaifurrahman Salman dan Calon Wakil Bupati Dompu Ika Rizky Veryani (SUKA) dinyatakan menang dalam sengketa pilkada tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Dompu segera menindalanjutinya Sabtu (10/10/20).

Ketua Bawaslu kabupaten Dompu Drs. Irwan memerintahkan pada KPU Dompu pertama, mengabulkan permohonan pemohon (SUKA) untuk seluruhnya, Kedua, membatalkan keputusan KPU Kabupaten Dompu berupa berita acara hasil penelitian perbaikan-perbaikan persyaratan calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020, tanggal 22 September 2020 dan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 92 Tahun 2020 tentang Penetapan Pasangan Calon beserta Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, tanggal 23 September 2020.

Ketiga, memerintahkan kepada termohon untuk menerbitkan keputusan yang menetapkan bakal pasangan calon Syaifurrahman Salman dan Ika Rizky Veryani yang diusung Partai Golkar (3 kursi), Partai Amanat Nasional (1 kursi), Partai Persatuan Pembangunan (3 kursi) dan Partai Demokrat (3 kursi) sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020. Dan, keempat, memerintahkan termohon untuk menindaklanjuti putusan ini paling lama tiga hari kerja, terhitung sejak putusan dibacakan.

Menangapi hal itu, Ketua KPU Kabupaten Dompu Drs. Arifuddin mengatakan, pihaknya akan menindalanjutinya putusan tersebut, namun hal itu dirinya harus menunggu salinan hasil keputusan dari Bawaslu Dompu sebagai salah satu acuan serta landasannya,”ujarnya Ketua KPU pada media ini melalui Via Watsab pukul 20.24 wita.

“Kami dari pihak KPU Dompu harus menungu hasil putusan bawaslu sebagai landasan serta acuan kami untuk menindalanjutinya sesui ketentuan pasal 144 ayat 1 dan 2 UU Tahun 2016, yang dimana putusan Bawaslu mengenai sengketa pemilihan itu merupakan putusan bersifat mengikat,”Terangnya Ketua KPU Dompu.

Ia menambahkan, karena bersifat mengikat maka di ayat 2 ditegaskan KPU setempat wajib untuk menindaklanjuti putusan bawaslu setempat selambat-lambatnya lambatnya tiga (3) hari kerja,” tutupnya (Fhen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *