992019185347

KPK Hadir Monitoring dan Evaluasi di Kabupaten Dompu

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM.- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan koordinasi dan evaluasi pencegahan, Rabu (09/10/19) di Aula Rapat Bupati Dompu.

Hadir pada acara tersebut Tim KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Kunto Ariawan selaku Ketua Tim Koordinator Supervisi dan Pencegahan (KORSUPGAH), Untung Wicaksono, Rika Krisdianawati dan Ramadhani. Asisten Administrasi Pemerintahan H. Sudirman Hamid M. Si, Kepala Inspektorat, dan Seluruh Pimpinan OPD Se – Kabupaten Dompu.

Dalam Sambutannya sekaligus membuka acara, Kunto Ariawan menyebutkan bahwa Rapat Koordinasi ini adalah untuk memaparkan pengawasan dan pencegahan yang telah dilakukan KPK sepanjang Tahun 2018 lalu.

“Ini kami maksudkan untuk mengevaluasi kinerja instansi di daerah-daerah baik kota maupun kabupaten, agar tidak terjadi penyimpangan, mengevaluasi serta sosialisasi terkait kegiatan yang akan dilakukan pada Tahun 2019 ini. KPK juga dapat memberikan bimbingan terkait temuan yang telah didapat, agar temuan tersebut tidak terulang kembali di tahun berikutnya.” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kunto Ariawan juga memaparkan ada 8 area yang menjadi fokus KPK sepanjang Tahun 2018, antara lain E-Budgeting dan E-Planing, Pengelolaan Aset, Manajemen SDM, Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (OPAD), Peningkatan Kapabilitas APIP, Pengelolaan Dana Desa, Pengadaan Barang dan Jasa dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Selain itu, untuk tahun 2019, terdapat sejumlah fokus kegiatan Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) selain delapan area atau sektor yang sudah dilakukan di tahun 2018, yaitu sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sumber daya alam, dan BUMD,” ucapnya.

Kunto Ariawan melanjutkan sebagai wujud keseriusan KPK membantu perbaikan di wilayah Kab. Dompu NTB. Agar terwujud peningkatan kualitas system pemerintahan yang lebih baik pada waktu mendatang. Jika menjadi faktor utama atas hadirnya tim KPK di Kabupaten Dompu.

“Kami harap apa yang dilakukan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kab. Dompu yang saat ini sangat kritis menanggapi hal tersebut. Jadi, selain penindakan yang memproses sejumlah pejabat-pejabat di Kabupaten Dompu, KPK juga secara paralel melakukan upaya pencegahan korupsi.” ucapnya.

Acara yang berlangsung hingga siang hari tepatnya pukul 12.00 WITA berjalan lancar dan baik. (Lb – Bang Can/Tm Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *