620201916235

Kembangkan Wisata Desa, Pokdarwis Saneo Terbentuk

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM.- Setiap Desa yang ada di Kabupaten Dompu, memiliki potensi dan kekayaan alam masing-masing, pengembangannya diperlukan adanya kelompok khusus seperti Pokdarwis. Oleh karena itu, Puluhan Pemuda Desa Saneo, membentuk Kelompok Sadar Wisata Desa (Pokdarwis) Sabtu (20/07/19).

Rapat pembentukan yang digelar di aula kantor Desa Saneo yang diinisiasi oleh Karang Taruna Desa itu, berlangsung pemilihan secara demokratis. Dalam Forum itu, Faruk, S.Pd., terpilih sebagai Ketua Pokdarwis Saneo.

“Desa Saneo merupakan salah satu desa wisata yang masuk dalam daftar 99 desa wisata dalam Peraturan Gubernur NTB tahun 2019, itu nyata karena saneo memiliki potensi wisata yang cukup banyak,” ungkap Faruk., saat dihubungi media ini, Sabtu (20/07/19) sore.

Faruk menyebutkan, Saneo tidak hanya memiliki Air Terjun Sori Panca, akan tetapi lebih dari itu. Seperti situs Wadu Nocu, Situs Kuburan Kemarat, Goa Karombo Donggo, Situs pemandian dan pemandian Vider Rababaka Kompleks dan lainnya.” Dari banyak potensi ini lah yang akan kita kembangkan, supaya saneo menjadi desa wisita minat khusus banyak orang atau saneo menjadi desa tujuan untuk berwisata,” ujarnya.

Dikatakannya, sebagai ketua terpilih dia akan mempelajari banyak hal dalam mengembangkan wisata desa nya. Salah satunya adalah setiap spot wisata yang ada akan dipromosikan melalui media ssosial.”Sekarang orang mencari tempat wisata itu melalui internet, di Youtube, Facebook, Twiter dan instagram. Disitulah peluang kita untuk menjual atau membrandding spot wisata kita agar dikenal oleh banyak orang,” jelasnya.

Dengan terbentuknya Pokdarwis Desa, dia berharap adanya sinergitas dari pemerintah desa setempat lebih-lebih dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dompu maupun Provinsi untuk membantu mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Saneo.” Semoga Pemerintah desa Saneo benar-benar melihat dan ikut menyuport terbentuknya Pokdarwis ini dengan cara mau menyisihkan anggaran desa dengan item tersendiri untuk Pokdarwis kedepannya,” ujarnya Kelakar. [Lb. Bang Can].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *