20210113_211309-750x450
Lokasi Penyegelan Salurah Dam Mila. Foto - Shonk.

Kecewa Sikap BWS, Pemuda dan Mahasiswa Saneo Dompu Tutup Saluran Air Dam Mila

KABUPATEN DOMPU – Puluhan pemuda dan Mahasiswa Desa Saneo kecamatan Woja kabupaten Dompu, Yang tergabung dalam Aliansi Masyarakan ncuhi Saneo melakukan Demonstrasi depan kantor BWS Nusa Tenggara 1 di Dompu, rabu (13/1/21) sekira pukul 08. 30 Wita.

Unjukrasa ini, dilakukan untuk mempertanyakan kelanjutan pembangunan saluran irigasi dari 2 Embung yakni Mada Nduru dan Embung Kalogoa. Selain itu, juga meminta air bersih kelanjutan perpipaan sampai kampung dan menagih janji Bws mengundang Masyarakat Desa Saneo dan Desa Serakapi untuk berdialog kelanjutan.

“Alasan kenapa kami melakukan aksi unjukrasa di kantor BWS NT 1, menuntut kelanjutan Embung dan Pipanisasi. ” ungkap penaggujawab Aksi AMNS Dompu, Irwan

Lanjutnya, BWS telah memberikan Harapan palsu (PHP). Pada tanggal 29 Desember 2020, pemuda dan mahasiswa telah melakukan dialog dengan BWS Dan Kapro PT Ndidya Karya (NK). BWS janji akan Melayakan undangan kepada masyarakat Saneo – serakapi, dan dinas terkait, Dari surat balasan BWS tidak ada harapan yang positif kelanjutan dibangun dua embung yaitu embung Kalogoa dan Madanduru namun kedua bangunan ini harapan terbesar warga setempat bisa dinikmati oleh warga akan tetapi kenyataannya jauh dari harapan.

“Kami menuding BWS dan NK menutup mata atas ketidak lanjutannya pembangunan dua embung,” tegasnya.

“Kami telah telah bersepakat ketika dalam aksi hari ini tidak ada kejelasan maka feeder akan di seger, karena itu bentuk dari kekecewaan terhadap bws dan PT Ndidya Karya (NK)” ungkapnya.

Selesai aks, Massa aksi berdialog dengan Perwakilan dari BWS, Ahmad Bshori, Pelaksana Tekhnik PPK Bendungan ll, salah satu poin dialog itu, ia mengatakan ia menawarkan pada massa aksi, ketika terbentuk P3A yang berbadan hukum, kegiatan dapat diusulkan mengunakan anggaran pendamping Masyarakat atau pemerintah daerah melalui program pendapatan tata guna irigasi (P3 TGA).

Massa aksi tidak terima atas tawaran dari pewakilan Bsw, dalam dialog menurut massa aksi tidak sesuai dengan tuntutan, mereka balik kanan untuk melakukan penyegelan difeeder, massa aksi sampai di feeder langsung menyegel saluran air menuju ke Dam mila dan tanju, bentuk dari kekecewaan mereka. (Sonk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *