9182019171552
Aparat Keamanan Sedang Padamakan Api, Foto: Ist.

Kebakaran di Wilayah Taman Nasional Gunung Tambora, Deny Rahadi: Itu Hoax

Kabupaten Dompu. LENSABIMA.COM.- Viral dalam pemberitaan terjadi kebakaran di wilayah Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) tepatnya di Pos 3 dan 4. Menanggapi persoalan tersebut Kepala Balai melalui Kepala Tata Usaha Balai Taman Nasional Deny Rahadi bahwa berita tersebut tidak benar adanya, Hoax.

Ia menjelaskan, kebakaran terjadi dijalur pendakian. Masuk dalam koridor PT. Argo Wahana Bumi (AWB) dan sementara yang heboh diperbincangkan adalah lokasi BTNGT.” Setelah kami kroscek dilokasi kebakaran itu pada jalur pendakian di Pos 2 dan 3,” kata Deny saat dikonfirmasi Media Lensa Bima, Jum’at (18/10/2019) sekira pukul 13.25 Wita.

Luas lahan TN yang terbakar mencapai 80 Ha didua Kabupaten Bima dan Dompu, dengan lokasi terpisah bukan pada satu tempat. Jika kejadian ini tak cepat diatasi kata Deny akan berakibat lokasi TN akan habis terbakar.“ 80 Ha luas TN yang terbakar. Lokasi kejadiannya mencakup dua Kabupaten Bima dan Dompu, titik api di dua tempat tersebut mencapai belasan titik api,” ungkapnya.

Adapun penyebab dari kejadian itu diduga hasil perburuan, perburuan yang menggunakan api agar bisa menangkap Rusa atau Madu Hutan. Dengan kondisi hutan di Tambora sangat mudah terbakar karena banyak mengandung kayu maupun dedaunan kering.

“Modus berburu dengan cara menggunakan api dan inilah yang menyebabkan kebakaran Hutan dilokasi TN. Upaya yang kami lakukan saat ini dalam pengamanan Hutan berbasis masyarakat, bersama masyarakat kami mengamankan Hutan ini. Selain itu tiap hari melakukan patrol bersama masyrakat Binaan,” beber Deny. (Lb – Dh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *