62220192362
Ketua Panitia Pengisian Anggota BPD Rada Junaid A. Wahab. Foto:Dhaus

Jumlah BPD Rada 9 Orang, Dusun Bontoranu dan Goa 2 Keterwakilan Wilayah

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- Dari jumlah kuota anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB sebanyak 9 orang, Dusun Bontoranu dan Dusun Goa mendapat 2 orang perwakilan wilayah.

Ketua Panitia Pemilihan BPD Rada Juaid H. Awahab menyampaikan bahwa jumlah kuota anggota BPD Rada sesuai yang diamanakan Peraturan Bupati (Perbup) yakni sebanyak 9 orang. Dari 9 orang tersebut 1 di antaranya yakni keterwakilan perempuan, sehingga 8 orang untuk BPD dari keterwakilan wilayah yang dibagikan ke 6 dusun.“ Pembagian wilayah kami ambil perdusun,” jelasnya, Senin (22/07/19).

Kata Junaid, berdasarkan jumlah tersebut, masing-masing dusun mendapatkan 1 jatah keterwakilan, sehingga menyisakan 2 orang. Dari sisa 2 orang itu diberikan kepada dusun yang memiliki jumlah jiwa yang paling banyak pada 6 dusun yang ada di desa setempat.

“Jadi, 2 orang itu diberikan kepada 2 dusun yang meliki jumlah jiwa paling banyak dari 6 dusun itu” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah dilakukan pengecekan data, diketahui bahwa 2 dusun yang memiliki jumlah jiwa terbanyak di Desa Rada yakni Dusun Goa dan Dusun Bontoranu. Dengan begitu otomatis Dusun Goa mendapatkan jatah 2 orang perwakilan BPD dan Dusun Bontoranu mendapatkan jatah 2 orang.

“Sehingga formasinya, Dusun Nggeru 1 orang, Temba Na’e 1 orang, Rada 1 orang, Goa 2 orang, Bontoranu 2 orang dan Dusun Lapa 1 orang. Jadi total 8 orang ditambah lagi perwakilan dari perempuan 1 orang menjadi 9 orang,” bebernya.

Dijelaskanya, sebelum itu pihaknya telah mendata secara manual jumlah jiwa di Dusun Temba Na,e dan Dusun Bontoranu. Pendataan dilakukan pada Senin (22/07/19) oleh panitia siang tadi. Dan hasilnya bahwa jumlah jiwa di Dusun Temba Na’e sebanyak 590 jiwa, sementara di Dusun Bontoranu sebanyak 601 jiwa.

“Awalnya kami ragu, antara Dusun Temba Na’e dan Bontoranu. Sehinga dilakukan pendataan manual tadi,” bebernya.

622201923625
Sosilisasi Dilakukan Oleh Ketua Junaid A. Wahab dan Wakil Ketua Pengisian Anggota BPD Rada Sailan H. Usman Pada Acara Mbolo Weli (Rapat Pernikahan) di Dusun Bontoranu. Foto:Dhaus

Ia mengegaskan, keputusan jumlah keterwakilan wilayah sudah final dan tidak bisa diganggu gugat, karena sudah dilakukan pendataan secara manual oleh panitia secara bersama-sama dan dilakukan secara teliti.“ Sudah tidak ada lagi tambahan atau perubahan. Nanti saya akan sosialisasikan setiap di acara mbolo weki (rapat kampung) juga,” tegasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua Panitia Sailan H. Usman bahwa hasil perhitungan secara manual yang dilakukan oleh panitia yang mengisi perwakilan lebih dari satu orang yakni di wilayah yang memiliki jumlah jiwa yang banyak.”Kita Sudah lakukan perhitungan bahwa Dusun Goa dan Bontoranu memiliki perwakilan pengisian anggota BPD dua orang.”katanya pada saat acara mbolo weki (rapat pernikahan) di dusun Bontoranu. Senin (22/07/19) malam. (Lb. Dhaus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *