292020211657
Dinas Dibudpora Kabupaten Dompu Sosialisasikan Kepada Para Kepala Sekolah. Foto - Fen.

Jelang Ujian Sekolah, Dikbudpora Dompu Gelar Rapat Sosialisasi

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM – Persiapan menghadapai Ujian tanggal 13 April tahun 2020 yang akan datang, Dinas Dikbudpora Kabupaten Dompu mengelar rapat sosialisasi Ujian sekolah SD/ MI di Aulah Rapat Kantor Dinas setempat.

Rapat sosialisasi yang dilakukan dihadiri oleh Sekretaris Dikpora kepala Dikdas Dikpora, UPTD Kecemata sekabupaten Dompu, pengawas sekabupaten Dompu dan seluruh kepala sekolah sekabupaten Dompu.

Kepala Dinas pemuda dan olahraga Kabupaten Dompu, melalui Kabit Dikdas, Zainal Afrodi Spd. Mengatakan, mengacu pada surat edaran kementrian dan kebudayaan RI Nomor l tahun 2020, tentang kebijakan merdeka belajar, dalam penentuan kelulusan perserta didik tahun 2020/ 2021 yang akan di gelar pada tanggal 13 April nanti.

” Ya Sentral pelaksanaan Ujian ini ada di kabupaten termasuk pembuatan soal. Na` tahun ini di berikan kemerdekaan ke masing – masing guru sekolah yang ada, seperti di poin dua surat edaran kementrian itu, andai kata sekolah atau guru belum siap menyelengarakan ujian,maka boleh meminta bantuan di gugus atau kelompok kerja guru (KKG) di tinggkat Dasar seperti SD/ MI.” Ujarnya Zainal di ruang kerjanya, Senin (09/03/20) pukul 10.00 Wita.

Di dalam rapat di sepakati bersama, pihaknya putuskan dalam kegiatan sosialisasi itu, pembuatan soal oleh KKG masing – masing Sekolah yang ada.”Biasanya di tahun sebelumnya, ada 25% pusat 25% propinsi dan 75% di tingkat kabupaten dan kota, namun sekarang 0% jadi semua di limpahkan di sekolah, baik pembuatan soal ujian pengawas standar kelulusan anak didiknya dan lain lain dalam Ujian sekolah.” Jelasnya.

Untuk itu, pihak Dinas kabupaten berharap terhadap setiap gugus tahun depan sudah bisa menyelengara sendiri untuk ujianya serta teknik penilaiyaan nya, karena penilaiyaan bukan hanya tes tulis namun ada juga tes botovilio sikap kinerja dan perilaku. Untuk itu kemerdekaan mutlak ada pada semua guru untuk menentukan kelulusan Murit didiknya yang ada,”Jadi tidak lagi disetiap kecamatan untuk menentukan kelulusan perserta ujian itu sendiri.”bebernya. (Lb Fen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *