9202019151910
Kondisi Gunung Habis Dibabat. Foto: Ajy.

Gunung Gundul, Firdaus: Kilo Akan Berdampak Langganan Tetap Banjir

Kabupaten Dompu. LENSABIMA.COM.- Gunung gundul dapat berdampak kebanjiran lumpur dan bebatuan, hal ini sering terjadi di Kecamamatan Kilo Kabupaten Dompu NTB. Setiap musim penghujan Kecamatan Kilo menjadi langganan tetap banjir.

Ada beberapa lokasi wajib banjir yaitu Desa Mbuju, Desa Kramat Kilo, Desa Lasi dan Desa Kiwu ke empat Desa tersebut tiap tahun terendam air. Bukan menjadi rahasia umum banjir disebabkan telah gundulnya Hutan.“ Hampir sebagian besar gunung di Kecamatan Kilo sudah disulap menjadi lahan jagung,” kata Firdaus salah seorang tokoh Pemuda Desa Malaju, Minggu (20/10/2019) sekira pukul 12.20 Wita.

Proses berladang yang dilakukan dengan cara berpindah pindah seumpamanya ladang datar dijual dan akan membuka lahan baru mengarah ke atas Gunung. Tentunya dengan perpindahan itu akan merusak ekosistim Hutan.“ Rusaknya ekosistim akibat perambahan itu akan membunuh semua kehidupan karena lading baru identic dengan membakar bekas kayu yang dipotong oleh kita,” jelas Firdaus.

Kata Firdaus, dari tahun 2014 lalu daerah Kilo selalu diterjang banjir lumpur. Sudah beberapa jembatan putus dan bahkan rumah warga ada yang hanyut akibat bencana itu.“ Belum lagi saat ini melalui Pemerintah Desa membuka jalan ekonomi yang mengarah ke lahan warga terletak di puncak Gunung. Kami menduga kehancuran Hutan di daerah kita karena ada persetujuan dari pemerintah,” tudingnya.

Pada tempat yang berbeda Taufikhurrahman Ketua Aliansi Gerakan Reforma Agraria Cabang Dompu mengatakan, dalam hal kehancuran Hutan di Kabupaten Dompu bukan sepenuhnya kesalahan petani, andai tidak ada persetujuan dari Pemerintah tidak akan mungkin masyarakat berani merusak gunung.

“Pembuktian pemerintah mendukung dengan hadirnya program Terpijar, adanya bantuan bibit dan alat Alsintan dari Kementrian, dari program tersebut membuktikan pemerintah sangat mendukung hutan ini rusak. Bukti nyata hamper semua lokasi jagung dibuat jalan untuk tani,” tuturnya. [Lb – Ajy]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *