8102019231350
Salah Satu Fasilitas Umum di Lokasi Wisata Dompu. Foto: Fen

Fasilitas Umum Beberapa Tempat Wisata di Dompu Belum Memadai

Kabupaten Dompu. LENSABIMA.COM.- Kabupaten Dompu adalah salah satu daerah wisata di Indonesia, selain Gunung Tambora, Dompu memilki pantai Lakey, air terjung, pantai Riwo dan masih banyak yang belum diketahui oleh orang diluar maupun turis manca Negara, namun yang kurang dari semua ini yaitu fasilitas untuk keburuhan para pengunjung, seperti tidak tersedianya WC umum.

Salah seorang warga Anwar (34 tahun) dari Desa Riwo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB yang ditemui Media Lensa Bima mengatakan, objek wisata di Pantai Ria terlihat fasilitas WC tetapi air bersih tidak ada, sehingga penunjung selalu kesulitan mandi dengan air tawar setelah terendam air laut.
“Percuma ada tempat wisata tersedia WC tak memiliki air bersih, keduanya sangat dibutuhkan oleh peminat wisata. Tidak semua para pengunjung mau buang air kecil dan besar di lautan,” kata Anwar pada Wartawan saat diwawancarai dilokasi Pantai Ria. Selasa (10/09/19).

Pada tempat yang berbeda Kepala Desa Riwo Arifin H. AB, mengakui kurangnya fasilitas umum di pantai Ria. Kata Arifin, ditahun 2018 lalu pemerintah melalui Dinas Pariwisata membangun dua kamar mandi dilokasi itu, namun anehnya sampai saat ini air belum ada yang disediakan.

“Selain bak penampungan, air bor, bak sampah belum ada, akibatnya Pemerintah Desa satu kali seminggu harus gotong royong membersihkan area itu, jadi harapan kami Pemerintah Daerah sesegera mungkin menyediakan fasilitas umum ditiap tiap objek wisata di kabupaten Dompu ini,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Haerul Insan, Msi mengatakan, kemajuan Wisata tentu diawali dari kesadaran semua elemen yang ada, terutama para pengunjung dan warga di sekitar pantai itu sendiri, harus sama – sama menjaga dan melindungi semua fasilitas yang di berikan oleh pihak pemerintah.

“Terkait tidak tersedianya sarana air bersih, bak sampah dan Mushollah, kami dari pihak pemerintah pariwisata yang memiliki gawe, tentu untuk melakukan semua itu, harus membutuhkan tambahan Anggaran agar semua fasilitas umum bisa terbangun,” jelasnya.

Lanjutnya, ketika hal itu dilakukan tentu akan terwujut wisata yang aman bersih indah dan bisa bersain dengan Daerah lainnya, walaupun masih banyak fasilitas umum belum terbangun, tentu dalam hal tersebut pemerintah tidak tinggal diam menangani persoalan itu.“Yang initinya pembangunannya akan bertahap,” tutupnya. (Lb – Fen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *