7142019231350
Pj Kepala Desa Leu Sampaikan Hasil Audit Inspektorat di Depan Forum. Foto: Man.

Dugaan Penyimpangan BUMDes Landoli, Pemdes Leu Sampaikan Hasil LHP Inspektorat

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.-Terkait adanya dugaan penyimpangan dana BUMDes Landoli Desa Leu mulai pada tahun 2016 sampai tahun 2018, melahirkan aksi demontrasi dilakukan oleh sekelompok Pemuda dan Masyarakat sekitar bulan 3 bulan yang lalu.

Berdasarkan dugaan tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh tim audit Ispektorat Kabupaten Bima berkaitan dengan kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Landoli Desa setempat di Aula Kantor desa setempat. Rabu (04/08/19) lalu sekitar pukul 09: 52 Wita.

Pj Kepala Desa Leu Iryanto, SH didepan forum menyampaikan, tujuan dari pemeriksaan oleh Ispektorat Kabupaten Bima untuk mengetahui kebenaran tentang dugaan penyimpangan keuangan dana BUMDes Landoli Desa setempat, sampai melahirkan reaksi dan aksi yang dilakukan sekelompok pemuda dan masyarakat pada sekitar 3 bulan lalu.

“Audit yang dilakukan ini karena adanya permintaan aksi demonstrasi dugaan penyelewengan anggaran BUMDes.”jelasnya. Rabu (14/08/19).

Dijelaskanya, dari hasil keterangan yang diperoleh Inspektorat dari Ketua BUMDEs yakni Muhamad Irfan, S.Pd dan bendahara BUMDEs Nuraini, SE bahwa tim tidak menemukan adanya dugaan penyalahgunaan anggaran.” Hasil pemeriksaan itu, kesimpulannya tidak ditemukan adanya bukti penyimpangan dana BUMSEs yang dilakukan oleh pengurusnya,” katanya.

Ia membeberkan, dari data yang di peroleh dan analisa kasus tentang dana BUMDes, tim pemeriksa mengambil kesimpulan bahwa sisa modal BUMDes Landoli Desa setempat, baik berupa saldo tabungan, aset dan sisa piutang sebesar 183 juta lebih dan terdapat hasil penyetoran usaha penggemukan sapi ke PADes Desa setempat sebesar 25 juta rupiah serta masih terdapat sisa dana yang lainnya.

“Berdasarkan rekomendasi dari tim audit memerintahkan kepada Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMDes) Kabupaten Bima untuk memerintahkan kepada Kepala Desa (Kades) setempat, segera membentuk pengurus BUMDes yang baru dan tudingan penyimpangan Dana BUMDes Landoli itu tidak ada,” cetusnya. (Lb – Man).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *