1192020165633
Kepala Desa Sorisakolo, Umar. H. Rasyt. Foto - Fen.

Dua Tahun Menjabat, Kades Sorisakolo, Tingkatkan Ekonomi Lemah Dengan Cara Budi Daya

Kabupaten Dompu, LENSABIMA.COM – Dua tahun menjabat sebagai kepala Desa Sorisakolo, Kecematan Dompu Kabupaten Dompu, beberapa program Desa sudah terlaksanakan dan di jalankan oleh pihaknya, seperti Budi daya Hortikultura dan Air bor bersih demi mengembangka perekonomian warga yang ada di desa setempat.

Kepala Desa Sorisakolo, Umar. H. Rasyt. mengatakan pihaknya dalam waktu dua tahun menjabat sebagai kepala desa, ia mengaku sudah membangun 2 titik Bor Air bersih yang di salurkan pada tiap – tiap rumah warganya, selain itu, air bersih juga akan di aliri ke bak penampung besar, itu dilakukan agar mempermudah masyarakat mendapatkan serta menikmatinya.”Selain itu utuk mengantisipasi kekeringan yang akan datang,”Ujarnya kades saat di temui oleh media ini tepat di ruang kerjanya, Rabu (19/02/20) sekitar Pukul 11.07 Wita.

Lanjut kades, dirinya juga membuka dan memberikan ruang bagi masyarakat yang ekonomi lemah, untuk melakukan budidaya Hortikultura seperti sayuran, menurutnya, program itu adalah salah satu program yang bisa mengembangkan ekonomi lemah yang ada di tingkat desa,

“Untuk mendapatkan beberapa bantuan, seperti bibit dan lain lain, saya mensosialisasikan kepada semua masyarakat desa Sorisakolo serta kelompok tani yang ada, agar mereka mengembangkan budidaya Hortikultura, itu adalah salah satu program desa yang harus kami kembangkan bersama demi kemajuan ekonomi di tingkat desa,” Tuturnya.

Dalam Hal itu, tentu semua kelompok tani harus mengurus semua surat surat seperti Proposal permohonan bantuan bibit obat obatan dan di lengkapi dengan data kelompok taninya masing – masing sesui prosedur (Mekanisme) itu adalah salah satu cara agar pihak pemerintah desa bisa memberikan bantuan tersebut.

” Ya saya harap beberapa program yang sudah di jalankan bisa meberikan kontribusi besar bagi masyarakat, seperti Air bersih dan Hortikultura, dapat dinikmati baik kelompok tani dan ibu ibu rumah tangga yang tergolong ekonomi lemah,”bebernya.

Hal ini tentu diakukan setiap tahun, sekarang program Hortikultura baru beberapa kelompok tani yang sudah menggebangkanya dan hasilnya cukup memuaskan bagi petani ” Kedepan akan saya upayakan semua kelompok tani di 6 dusun agar melakuka budidaya sayur mayur,”Harap Umar. (Lb Fen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *