413201923118
Suasana Sesi Foto Bersama Usai Sosialisasi. Foto: Man.

Dosen BK STKIP Bima Gelar Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Pendidikan

Kota Bima, LENSABIMA.COM.- Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan terhadap generasi bangsa. Program Studi (Prodi) Pendidikan Bimbingan Dan Konseling (BK) Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pengetahuan (STKIP) Bima menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan tinggi untuk keberlangsungan pendidikan anak-anak kader binaan Program Keluarga Harapan (PKH).

Kegiatan tersebut berlangsung di Kelurahan Kodo 1 Kecamatan Rasa Na,e Timur dan Kelurahan Kodo 2 Kecamatan setempat, Senin (13/05/19).

Salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut Nurhayati, M.Pd, menyampaikan, dengan adanya program tersebut, dirinya berusaha merubah pola pikir masyarakat yang berekonomi lemah agar sadar tentang pentingya pendidikan.

“Ibu-ibu harus mempunyai niat untuk melanjutkan sekolah anak ke jenjang perguruan tinggi ,” katanya saat menyampaikan materi.

Menurutnya, nasib yang dialami oleh orang tua saat ini, tidak harus di wariskan kepada anak-anaknya, minimal orang tua harus mempunyai niat untuk merubah nasib anaknya menuju masa depan yang cerah, agar menjadi generasi yang membanggakan.

“Untuk menjadi sarjana, bukan harus tunggu uang banyak, tetapi ibu-ibu PKH juga bisa menjadikan anaknya sarjana karena faktor ekonomi bukan menjadi masalah, yang penting ada kemauan dan diiringi dengan do,a,” tuturnya.

Diterangkannya, untuk mejawab itu semua, kuliah adalah salah satu jalan yang penting untuk merubah nasib generasi bangsa menjadi lebih berkualitas, baik dalam kualitas moral, karakter dan keilmuan.

“Dalam kampus STKIP Bima kami mempunyai program studi Bimbingan dan Konseling untuk menjawab masalah tersebut, di kampus ini, bayar kuliahnya murah dan Program studi BK berkomitmen untuk mendidik karakter dan moral generasi agar siap menjadi tenaga kerja yang berahlak baik serta bertanggung jawab,” terangnya.

Materi kedua Nur Syariful Amin, M. Psi,. Menambahkan, bahwa pendidikan itu sangat penting untuk generasi bangsa, lewat pendidikan generasi bangsa dapat mengetahui apa yang belum ia ketahui,”Kami siap membibing mereka dengan baik,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, pendamping PKH Rasanae Timur, Bagas memaparkan, kebanyak masalah yang dialami oleh ibu-ibu binaanya adalah sulit mengatur ekonomi, pemasukan ekonomi rumah tangga yang tidak sesuai dengan pengeluaran.

“Saya harap para ibu ibu dapat memanfaatkan hasil alam di sekitar untuk meminimalisir masalah keuangan rumah tangga, indonesia ini kaya akan hasil alam, jadi manfaatkan hasil alam ini untuk menunjang keuangan yang ada di rumah tangga,” harapnya. (Lb:Man).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *