620201914226
Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo, H. Gunawan, S. Pd, M. Pd. Foto: Ist.

Dinilai Tidak Jalankan Tugas Dan Fungsi, BPD Ajukan Pemberhentian Kades Sanolo

Kabupaten Bima, LENSABIMA.COM.- BPD Sanolo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB mengajukan surat permohonan pemberhentian Kepala desa setempat, Mahfud Hasan. Pengajuan tersebut Karena Kepala Desa setempat tidak membuat Laporan Kegiatan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Desa ( LKPPDes) dan laporan realisasi APBDes Tahun 2018.

Ketua BPD Sanolo, Yakub Azis membenarkan bahwa pihak telah mengeluarkan surat permohonan pemberhentian Kades. Hal tersebut dilakukan berdasarkan hasil rapat bersama unsur BPD dan dibuatkan berita acara.”Langkah yang kita lakukan ini, sebagai bentuk pelaksanaan tupoksi BPD. Dari sembilan anggota kami, hanya satu orang yang tak hadir. Walaupun demikian tidak merubah keputusan hasil rapat,” jelasnya, Jumat (19/07/19).

Lanjutnya, berdasarkan peraturan sebagaimana tertuang dalam Permendagri nomor 46 tahun 2016, pasal 3, ayat (1) berbunyi, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran disampaikan oleh kepala desa kepada Bupati melalui Camat secara tertulis paling lambat 3 (tiga) bulan setelah berakhirnya tahun anggaran. Kemudian dalam Permendagri pasal 8, ayat (2), menjelaskan bahwa kepala desa bisa diberhentikan apabila sebagaimana diatur pada huruf f yang berbunyi, tidak melaksanakan kewajiban sebagai Kades nomor 66 tahun 2017.

Berdasarkan peraturan tersebut diatas pihaknya telah meminta kepada kepala desa setempat untuk menyampaikan LKPPDes dan APBDesa Sanolo tahun 2018 dengan surat pertama Nomor : 14/BPD Sanolo/II/2019 pada tanggal 18 Februari 2019.” Sejak dikeluarkan surat itu, sampai hari ini kades belum juga menidaklanjutinya. Sekaligus dalam evaluasi kami APBDes Sanolo tahun 2018 terdapat banyak kegiatan yang belum dilaksanakan. Hal demikian yang sangat mendasar sehingga kami ajukan surat itu,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Bolo melalui Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo, H. Gunawan, S. Pd, M. Pd, membenarkan telah menerima surat permohonan pemberhentian Kepala Desa Sanolo yang telah diajukan dan disampaikan langsung oleh Ketua BPD setempat. “Suratnya sudah kita terima. Selanjutnya akan tindaklanjuti dan kroscek di lapangan,” katanya. (Lb.Dh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *