IMG_20190307_080635-750x450
Lingkungan Mata Air Dam Kasi Pahu. Foto: Ist

Daerah Aliran Sungai Dan Mata Air Dam Kasi Pahu Dilakukan Penghijauan

Kabupaten Dompu. LENSABIMA.COM.- Kurang lebih 40 orang yang terdiri dari Anggota Polsek Pekat diwakili Bhabinkamtibmas Desa Doropeti Brigadir Dediansyah, Babinsa, KPH Tambora, LSM Lingkungan Hidup (GERILYA) bersama warga masyarakat melakukan penghijauan di Derah Aliran Sungai dan Mata Air Dam Kasi Pahu Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB, Sabtu (02/03/19) sekitar pukul 09.00 Wita.

Brigadir Dediansyah yang ditemui, penghijauan disekitar mata air sangatlah penting dilakukan. Tanpa adanya pepohonan yang tumbuh diarea ini akan berdampak buruk bagi kehidupan baik itu satwa dan bahkan manusia pun akan sengsara mendapatkan air untuk kebutuhan.

” Kami sebagai Polisi harus bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, sebagai Bhabinkamtibmas pada wilayah binaan ini selain menjaga keamanan juga memberikan kenyamanan pada wilayah dan menjaga lingkungan pada sumber mata air adalah kewajiban bersama,” kata Dediansyah.

Selain melakukan penghijauan juga melakukan pembersihan bersama. Tiada kata bosan memberikan nasehat kepada masyarakat agar sama sama menjaga kelestarian ini.

” Kami berkenyakinan pelaku Illegallogging bila sering diberi nasehat pasti cepat atau lambat mereka akan sadar atas bahaya bila hutan ini hancur,” imbaunya.

Untuk menjaga pepohonan pada Daerah Aliran Sungai (DAS) dirinya melakukan koordinasi dengan KPH Tambora dalam menyelesaikan masalah atau perencanaan melindungi Hutan sebab ini gawenya KPH.” Kami melakukan semua ini demi melestarikan hutan agar debit mata air tetap stabil,” jelasnya.

Brigadir Dediansyah mengajak, agar masyarakat ikut serta menyukseskan pileg dan pilpres tahun 2019 yang aman, damai, sejuk dan anti hoax.” Saya berharap warga binaan agar tetap taat dan patuh terhadap hukum yang berlaku. Mari kita jaga daerah, bangsa dan tanah air kita selalu aman sentosa,” harapnya.

Adapun isi pernyataan sikap yang dibaca bersama yaitu :

Kami masyarakat Dusun Dam Kasipahu Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB menyatakan sikap berkaitan dengan kelestarian Hutan serta Mata Air sebagai sumber kehidupan yang berlokasi di Sket mata air yang sudah ditentukan serta pada mata air, DAS yang berlokasi di Dam Kasipahu, hutan produksi, tutupan daerah maupun tutupan negara kami siap :

1. Menjga, Merawat dan melestarikan Lokasi mata air sepanjang Daerah aliran sungai mulai dari Hulu sampai ke Hilir yang berlokasi diatas Dusun Dam Kasipahu.
2. Mengjaga Ekosistim yang ada dan tidak melakukan pengerusakan dengan tidak menebang, memotong serta merambah hutan dilokasi mata air maupun sekitar daerah aliran sungai mulai Hulu ke Hilir.

3. Menutup Akses jalan atau jalur yang biasa digunakan oleh oknum yang melakukan penebangan kayu yang dijdikan untuk diperjual belikan.

4. Pernyataan sikap ini merupakan budaya serta kearifan lokal yang tidak bisa terpisahkan bagi kami untuk dapat dijadikan pedoman bagi seluruh masyarakat Khususnya masyarakat Dusun Kasipahu, Desa Doripeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu.

5. Jika dikemudian hari terdapat oknum masyarakat Dusun Dam Kaspahu yang melanggar pernyataan sikap ini maka siap untuk dituntut sesuai hukum yang berlaku serta jika terdapat masyarakat lain yang tidak mengindahkan pernyataan ini maka kami siap memberikan informasi dan keterangan pada pihak yang berwajib. (Lb. Bang Can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *